Hacker terkejam di dunia

10:48 PM Selasa, 19 Juli 2011

Sebuah kelompok hacker berhasil mendapatkan 114 ribu email pemilik iPad, dengan memanfaatkan kerentanan di raksasa telekomunikasi AT&T.

Valleywag melaporkan para pembajak ini berhasil mendapatkan daftar email yang berisikan alamat email sejumlah pengguna papan atas iPad, termasuk pemimpin bisnis di AS, politisi bahkan pejabat militer.

Walleywag mempublikasikan beberapa nama dari daftar tersebut. Daftar itu termasuk kepala eksekutif New York Times, Janet Robinson, Walikota New York, Michael Bloomberg dan kepala staf Gedung Putih Rahm Emanuel.

Pemilik iPad itu adalah pelanggan layanan 3G AT&T yang menyediakan pengguna konektivitas seluler untuk komputer tablet layar sentuh dari Apple itu.

Valleywag mengatakan para hacker yang disebut Goatse Security mendapatkan nomor pengguna dari jaringan AT&T disebut ICC IDS.

Dalam sebuah pertanyaan, AT&T menyebutkan bahwa mereka memang memiliki percabangan data dan meminta maaf kepada para pelanggan yang terkena dampak.

“AT&T telah diinformasikan oleh pihak pebisnis pada Senin lalu mengenai potensi ICC IDS iPad mereka,” ujar pihak AT&T.

“Kami sedang melakukan penyelidikan dan akan menginformasikan kepada semua pelanggan mengenai alamat email dan ICC IDS yang mungkin masuk dalam daftar tersebut,” ujar AT&T.

“Di titik ini, tidak ada bukti bahwa ada informasi pelanggan lain yang telah tersebar.”

Valleywag mengatakan bahwa Goatse Security sebelumnya telah mengungkapkan kerentanan pada Firefox dan browser situs Safari.

Percabangan email AT&T ini menyangkut alamat email dari pemilik iPad di perusahaan-perusahaan misalnya Goldman Sachs, JP Morgan, Citigorup dan Morgan Stanley serta staf di Pentagon, Senat, Departemen Kehakiman, NASA dan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Salah satu worm yang paling banyak beredar di masyarakat saat ini. Worm ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic tanpa di-packpayload yang destruktif, tetapi munculnya varian-varian baru dan penyebarannya yang cepat perlu diwaspadai.


Random8 memiliki kemampuan polymorphic untuk mengacak tubuhnya, berbagai antivirus mengenalinya dengan nama yang beragam, seperti Poly.Agent, VB-PTV, Vobfus, Worm.VB.NZJ, dan lain-lain. PCMAV mengenalinya sebagai Random8 (sampai saat ini Random8 yang dikenali mencapai 12 varian), mengambil salah satu karakteristik worm saat menduplikasikan dirinya, yaitu menghasilkan string yang selalu acak pada bagian tertentu, dimana string tersebut terdiri dari 8 karakter alfabet.
Random8 memanfaatkan removable disk sebagai metode penyebarannya, waspadai jika removable disk Anda memiliki ciri-ciri antara lain:
dan memiliki icon standar aplikasi Visual Basic. Walaupun varian-varian yang ditemukan sampai saat ini tidak menunjukkan

  • Semua folder di-hidden.
  • Banyak file shortcut dengan nama folder yang di-hidden dan menambahkan shortcut dengan nama Documents, Music, New Folder, Passwords, Pictures, dan Video.
  • Terdapat 4 (empat) file dengan attribut Hidden, System dan Read Only yaitu : Autorun.inf, dua file *.exe dengan nama acak dan 1 file dengan tipe Dinamic Link Library (.dll). Varian tertentu juga membuat file dengan nama x.exe.
  • Semua shortcut yang di buat mengarah pada file worm yang berekstensi *.scr.
  • Beberapa varian mengubah icon removable disk menjadi icon Folder.
Pada varian lain di temukan bahwa worm ini membuat banyak shortcut pada falshdisk dengan nama terdiri dari 3 karakter. Setelah worm ini aktif di memory, ia akan membuat 2 file dengan nama acak pada direktori C:\Documents and Settings\[nama user]\[nama acak].exe, terlihat seperti pada gambar:

Nah... kita langsung ke TKP saja ok.

Bagi yang sering main ke warnet atau internetan semalaman dan merasa bosan..
nah kini saat nya kita bermain main sedikit..

Hanya cukup menggunakan CMD, oia sebelum nya jika computernya memakai defrezz.. kita hanya perlu undeprezz.. banyak tuh.. di om google... :)

Ok. pertama klik star > run > ketikkan CMD tekan Enter

C:\Documents and Settings\chohong spy>

 oke.. selanjutnya kita harus ke direktori D atu E, law saran sich jangan yang C bisa bisa computer nya ancor oi... heheh ini  cuma iseng za...

D: tekan enter..

 cari nama file yg kira - kira menarik perhatian anda yang ada di direktori D tersebut.
Contohnya Dvd.Tackdown.avi. maka ketikkan perintah berikut.

assoc.Dvd.Tackdown.avi=.jpg

nah... file tersebut akan berubah menjadi jpg hahahhaaha

neu cuma iseng iseng za ea

Inilah fakta-fakta menarik dari dunia para hacker.

  • Apple freiPhone
Dari bluebox buatan sendiri yang digunakan untuk memanipulasi jalur telepon (phreaking), “Berkeley Blue” dan “Oak Toebark” memperoleh dana segar untuk mengembangkan komputer pertama mereka pada tahun 1970-an. Mereka adalah Steve Jobs dan Steve Wozniak. Bluebox sebenarnya ditemukan oleh John “Captain Crunch” Draper yang membobol jalur telepon dengan alat sederhana yang terbuat dari sebuah bungkus cornflakes.

  • Paranoid Killer Game
Dalam film WarGames, David menjebol sebuah komputer milik pemerintah dan hampir memicu perang dunia ke-3. Pada 1983, film ini telah menimbulkan ketakutan terhadap hacker di AS. Dalam acara di stasiun TV CBS, diperdebatkan apakah sebaik­nya orang tua melarang anak-anak mereka untuk berhubung­an dengan dunia luar melalui PC. Beberapa koran menampilkan artikel yang menganjurkan orang tua mengunci modem dalam sebuah safebox, layaknya sebuah senjata.

  • Membobol Alat Transportasi (Bagian I)
Setelah berminggu-minggu memprogram, hacker asal Berlin berhasil membobol sistem sepeda motor sewa milik German Rail pada akhir 2003. Sang hacker menunjukkan bagaimana ia dapat menggunakan motor secara gratis dengan menggunakan sebuah kode rahasia.

  • Membobol Alat Transportasi (Bagian II)
Januari 2008 sebuah trem keluar jalur di Lodz (Polandia). Seorang pemuda berusia 14 tahun te­lah memodifikasi sebuah remote TV yang dapat meng­atur perpindahan kereta me­lalui infra merah. Ia menggunakan trem yang menjadi moda favoritnya sebagai model kereta.

  • Belum Ada Undang-Undangnya
Juli 1981, hacker pertama ditahan di AS karena telah berkali-kali menerobos komputer milik Menteri Pertahanan AS. Lantaran belum ada undang-undangnya, Pat “Captain Zap” Riddle dipenjara atas tuduhan mencuri barang dan layanan telepon. Orang pertama yang dituntut dengan undang-undang “Computer Fraud and Abuse Act” yang berlaku sejak tahun 1986 adalah pencipta worm Robert “rtm” Morris pada tahun 1990.
 
  • Logo “Resmi” Hacker
hacker3
“Glider’, figur yang diambil dari dunia matematika “Conway’s Game of Life”, menjadi logo hacker resmi. Logo ini dibuat dalam format ASCII. Ada banyak hacker yang me­ngenakan t-Shirt dengan logo tersebut. Sebagian malah membuatnya sebagai tato.

  • Hack Bernilai Miliaran Dolar
acking paling “mahal” sepanjang zaman terjadi pada April 2009, ketika orang tidak dikenal mencuri beberapa terabyte data-data pengembangan jet tempur “F-35 Lightning II” dari komputer milik Pentagon. Program persenjataan AS paling mahal ini bernilai 300 miliar dolar.

  • Hacker AntiOscar
Pada tahun 2008, hacker menganugerahkan Pwnie Award kepada McAfee sebagai “produsen yang paling memalukan”. Perusahaan ini memberikan sertifikasi “Hacker Safe” pada website-website yang memiliki celah keamanan Cross Site Scripting. Setelah diketahui mereka kemudian menyangkalnya.

  • Penemu yang Jujur
Pada tahun 1984, pendiri Chaos Computer Club, Wau Holland († 2001) menunjukkan celah-celah dalam layanan online BTX. De­ngan bermodalkan data-data bank milik pengguna yang tersimpan dalam sistem, ia “me­ngeruk” uang senilai 135.000 Mark, tetapi kemudian dikembalikannya ke pihak bank.

  • Istilah
Pada 1960-an, mahasiswa Massachusett Institute of Technology memberi julukan “hacker” kepada rekan-rekan mereka yang pintar mengoptimalkan program. Saat ini, istilah tersebut justru digunakan untuk pencuri data, yang sebenarnya disebut “cracker”.
 

 

Profesi programer komputer merupakan salah satu profesi yang sangat pelik, bukan saja membutuhkan kemampuan berpikir logis,imajinatif, dan kreatif, melainkan membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang baik. Maka tak heran profesi seperti programer ini riskan terhadap serangan penyakit dan gangguan kesehatan. Berikut adalah lima resiko yang harus dihadapi para programer:

1. Bisa Terkena Penyakit “Bell’s Palsy”
Bell’s palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah.  Terjadi disfungsi syaraf VII (syaraf fascialis). Berbeda dengan stroke, kelumpuhan pada sisi wajah ditandai dengan kesulitan menggerakkan sebagian otot wajah, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dsb. Beberapa ahli menyatakan penyebab Bell’s Palsy berupa  virus herpes yang membuat syaraf menjadi bengkak akibat infeksi. Metode pengobatan berupa memeberikan obota-obatan  sejenis steroid dapat mengurangi pembengkakan.
Kata Bell’s Palsy diambil dari nama seorang dokter dari abad 19, Sir Charles Bell, orang pertama yang menjelaskan kondisi ini dan menghubungkan dengan kelainan pada saraf wajah.
 
2. Butuh kerja keras yang sangat ekstra
Terkadang seorang programmer harus begadang dan tidak tidur selama beberapa hari untuk menyelesaikan programnya.
 
3. Kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya
Biasanya seorang programmer lebih memilih untuk berdiam di rumah atau tempat ia bekerja dan selalu berada di depan komputernya.

4. Merasa terkucilkan oleh lingkunganya.
Secara psikologis, perasaan ini muncul akibat terlalu intens berhubungan dengan mesin-mesin dan cenderung jarang berhubungan dengan manusia. Akibatnya, meski belum sepenuhnya terjadi, programmer merasa dijauhi lingkungannya.



5. Berani dikejar waktu (harus tepat waktu)
Ini lah yang membuat seorang programmer menjadi pusing dan kelelahan, tidak terbayangkan jika harus mengerjakan
sebuah aplikasi/program yang sudah menjadi kewajibannya.

Sejak virus komputer pertama diidentifikasi 40 tahun lalu, proliferasi dari jenisnya telah terlihat signifikan. Dari besarnya volume, ukuran ancaman, bencana serta kerugian yang diakibatkan, tak diragukan lagi hal ini telah membuat permasalahan besar di era internet. 

Namun dari sekian banyak deretan program jahat yang mengancam ada yang bisa dibilang sebagai yang paling berpengaruh lantaran menyisakan 'kesan' tersendiri bagi pengguna. 

Berikut Top 20 virus sepanjang sejarah hasil dari studi perusahaan keamanan Trend Micro : 
  • Creeper (1971), virus program pertama yang berjalan di komputer Dec 10 di bawah sistem operasi Tops Ten. 
  • Elk Cloner (1985), virus komputer personal pertama di Apple IIe yang diciptakan oleh anak kelas 9. 
  • The Internet Worm (1985), ditulis oleh seseorang di Universitas Cornell yang dibawa internet 
  • Pakistani Brain (1988), ini adalah virus pertama yang menginfeksi PC IBM. Ditulis oleh dua bersaudara dari Pakistan dan diliput luas oleh media. 
  • Jerusalem Family (1990), sekitar lima puluh strain berbeda dari virus ini diyakini berasal dari Universitas Yerusalem. 
  • Stoned (1989), adalah virus yang dikenal luas dalam dekade pertama virus. Stoned adalah boot sector/infector .mbr yang akan menghitung jumlah reboot dari infeksi aslinya dan menampilkan frase 'your computer is now stoned'. 
  • Dark Anger Mutation Engine (1990), sebenarnya ditulis pada tahun 1988, tapi pertama kali digunakan pada awal tahun sembilan puluhan di virus seperti Pogue danCoffeeshop.  
  • Micheangelo (1992), sebuah varian dari Stoned, dengan muatan destruktif. 
  • World Concept (1995), virus macro di Microsoft Word pertama. Word Concept akan mengeluarkan frase, 'That’s enough to prove my point' dan hadir dalam era kedua virus komputer. 
  • Cih/Chernobyl (1998), adalah virus yang paling merusak yang pernah terjadi. Terjadi pada tanggal 26 setiap bulan (tergantung pada versi yang terlibat), menghapus hard drive, dan melenyapkan flash ROM BIOS dari komputer pengguna. 
  • Mellisa (1999), virus besar pertama yang menyebar melalui email, pada awal era virus internet. 
  • Lovebug (2001), worm email paling populer yang pernah ada. 
  • Code Red (2001), nama untuk minuman yang tinggi kafein, virus ini menyebar tidak melalui jaringan email atau halaman web. 
  • Nimda (2000), dijuluki virus 'Swiss Army Knife', digunakan sebagai buffer overflows, email, jaringan berbagi, dan sepuluh metode lain untuk masuk ke jaringan 
  • Bagel Netsky (2004) virus ini dirancang untuk menunjukkan kompetisi palsu, atau perang satu sama lain. 
  • Botnet (2004), komputer yang terinfeksi yang dapat mengulang dalam jaringan untuk menjalankan spam, menginfeksi orang baru, dan mencuri data. 
  • Zotob (2005), worm ini hanya mempengaruhi sistem unpatched Windows 2000, namun berhasil mengambil beberapa situs media utama, termasuk CNN dan New York Times. 
  • Rootkit (2005), mereka telah menjadi salah satu alat siluman yang paling populer dalam kode malicious. Hal ini digunakan untuk membuat malware lainnya tak terlihat dalam sistem operasi. 
  • Storm Worm (2007), virus pergi melalui ribuan iterasi akhirnya menciptakan botnet terbesar di dunia. Pada satu waktu yang diyakini bahwa lebih dari lima belas juta mesin yang terinfeksi pada saat yang sama, dan di bawah kendali dunia kriminal. 
  • Italian Job (2007), lebih dari sekadar malware. Italian Job adalah serangan terkoordinasi menggunakan kemasan tool kit yang dikenal sebagai MPack.

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan. Berikut beberapa profile 14 Hacker Terbaik Dunia untuk saat ini : 

1. Kevin Mitnick Kevin adalah hacker pertama yang wajahnya terpampang dalam poster FBI Most Wanted. Kevin juga seorang Master of Deception dan telah menulis buku yang berjudul The Art of Deception. Buku ini menjelaskan berbagai teknik social engineering untuk mendapatkan akses ke dalam sistem. 

2. Linus Torvalds Seorang hacker sejati, mengembangkan sistem operasi Linux yang merupakan gabungan dari LINUS MINIX. Sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi standar hacker. Bersama Richard Stallman dengan GNU-nya membangun Linux versi awal dan berkolaborasi dengan programmer, developper dan hacker seluruh dunia untuk mengembangkan kernel Linux. 3. John Draper Penemu nada tunggal 2600 Herz menggunakan peluit plastik yang merupakan hadiah dari kotak sereal. Merupakan pelopor penggunaan nada 2600 Hz dan dikenal sebagai Phone Phreaker (Phreaker, baca: frieker) Nada 2600 Hz digunakan sebagai alat untuk melakukan pemanggilan telepon gratis. Pada pengembangannya, nada 2600 Hz tidak lagi dibuat dengan peluit plastik, melainkan menggunakan alat yang disebut Blue Box.

Berawal dari sebuah pertanyaan siswa, pada saat jam pelajaran berlangsung yang bertanya kepada saya … “Siapakah nama penemu komputer pertama kali didunia pak ?”

berikut ini urut-urutannya :
Penemu pertama kali adalah Charles Babbage seorang pakar matematik pada tahun 1822, namun perkembangan selanjutnya tidak lepas dari jasa para penemu dari generasi berikutnya.
Siapa sajakah penemu berikutnya mereka adalah : 
Tahun 1822 Charles Babbage, dengan idenya yang cemerlang mendciptakan sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science. Dari sinilah cikal bakal komputer diawali.
Tahun 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang.
Tahun 1943 Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
Tahun 1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
Tahun 1945 Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
Tahun 1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER.

ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati.


ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.

Tahun 1947 Transistor pertama ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.

Sejarah komputer mencakup perangkat keras, arsitekturnya, dan pengaruhnya terhadap perangkat lunak.

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi." Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Generasi komputer

Generasi Pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.


Aceh
  • 0627 - Kota Subulussalam
  • 0629 - Kutacane (Kabupaten Aceh Tenggara)
  • 0641 - Kota Langsa
  • 0642 - Blang Kejeren (Kabupaten Gayo Lues)
  • 0643 - Takengon (Kabupaten Aceh Tengah)
  • 0644 - Bireuen (Kabupaten Bireuen)
  • 0645 - Kota Lhokseumawe
  • 0646 - Idi (Kabupaten Aceh Timur)
  • 0650 - Sinabang (Kabupaten Simeulue)
  • 0651 - Kota Banda Aceh - Jantho (Kabupaten Ace...h Besar) - Lamno (Kabupaten Aceh Jaya)
  • 0652 - Kota Sabang
  • 0653 - Sigli (Kabupaten Pidie)
  • 0654 - Calang (Kabupaten Aceh Jaya)
  • 0655 - Meulaboh (Kabupaten Aceh Barat)
  • 0656 - Tapaktuan (Kabupaten Aceh Selatan)
  • 0657 - Bakongan (Kabupaten Aceh Selatan)
  • 0658 - Singkil (Kabupaten Aceh Singkil)
  • 0659 - Blangpidie (Kabupaten Aceh Barat Daya)


Sumatera Utara
  • 061 — Kota Medan — Kota Binjai — Stabat (Kabupaten Langkat)
  • 0620 — Pangkalan Brandan (Kabupaten Langkat)
  • 0621 — Kota Tebing Tinggi
  • 0622 — Kota Pematangsiantar
  • 0623 — Kisaran (Kabupaten Asahan) — Kota Tanjung Balai
  • 0624 — Rantau Prapat (Kabupaten Labuhanbatu)
  • 0625 — Parapat (Kabupaten Simalungun)
  • 0626 — Pangururan (Kabupaten Samosir)
  • 0627 — Sidikalang (Kabupaten Dairi) — Salak (Kabupaten Pakpak Bharat)
  • 0628 — Kabanjahe (Kabupaten Karo)
  • 0630 — Teluk Dalam (Kabupaten Nias Selatan)
  • 0631 — Kota Sibolga
  • 0636 — Balige (Kabupaten Toba Samosir)
  • 0633 — Tarutung (Kabupaten Tapanuli Utara)
  • 0634 — Kota Padang Sidempuan
  • 0635 — Gunung Tua (Kabupaten Padang Lawas Utara)
  • 0636 — Panyabungan (Kabupaten Mandailing Natal)
  • 0638 — Barus (Kabupaten Tapanuli Tengah)
  • 0639 — Kota Gunung Sitoli

Sumatera Barat
  • 0751 — Kota Padang — Kota Pariaman
  • 0752 — Kota Bukittinggi — Kota Padang Panjang — Kota Payakumbuh — Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar)
  • 0753 — Lubuk Sikaping (Kabupaten Pasaman)
  • 0754 — Kabupaten Sijunjung
  • 0755 — Kota Solok — Kabupaten Solok Selatan — Alahan Panjang (Kabupaten Solok)
  • 0756 — Painan (Kabupaten Pesisir Selatan)
  • 0757 — Balai Selasa (Kabupaten Agam)
  • 0759 — Tuapejat (Kabupaten Kepulauan Mentawai)


Riau
  • 0760 — Teluk Kuantan (Kabupaten Kuantan Singingi)
  • 0761 — Kota Pekanbaru — Pangkalan Kerinci (Kabupaten Pelalawan)
  • 0762 — Bangkinang (Kabupaten Kampar)
  • 0763 — Selatpanjang (Kabupaten Bengkalis)
  • 0764 — Siak Sri Indrapura (Kabupaten Siak)
  • 0765 — Kota Dumai — Duri (Kabupaten Bengkalis)
  • 0766 — Bengkalis (Kabupaten Bengkalis)
  • 0767 — Bagan Siapi-api (Kabupaten Rokan Hilir)
  • 0768 — Tembilahan (Kabupaten Indragiri Hilir)
  • 0769 — Rengat - Air Molek (Kabupaten Indragiri Hulu)


Kepulauan Riau
  • 0771 — Kota Tanjung Pinang
  • 0772 — Tarempa (Kabupaten Kepulauan Anambas)
  • 0773 — Ranai (Kabupaten Natuna)
  • 0776 — Dabosingkep (Kabupaten Lingga)
  • 0777 — Tanjung Balai Karimun (Kabupaten Karimun)
  • 0778 — Kota Batam
  • 0779 — Tanjungbatu (Kabupaten Karimun)
Jambi
  • 0740 — Mendahara - Muara Sabak (Kabupaten Tanjung Jabung Timur)
  • 0741 — Kota Jambi
  • 0742 — Kualatungkal (Kabupaten Tanjung Jabung Barat)
  • 0743 — Muara Bulian (Kabupaten Batanghari)
  • 0744 — Muara Tebo (Kabupaten Tebo)
  • 0745 — Sarolangun (Kabupaten Sarolangun)
  • 0746 — Bangko (Kabupaten Merangin)
  • 0747 — Muarabungo (Kabupaten Bungo)
  • 0748 — Kota Sungai Penuh
 Sumatera Selatan
  • 0711 — Kota Palembang — Pangkalan Balai - Betung (Kabupaten Banyuasin) — Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir)
  • 0712 — Kayu Agung (Kabupaten Ogan Komering Ilir)
  • 0713 — Kota Prabumulih
  • 0714 — Sekayu (Kabupaten Musi Banyuasin)
  • 0730 — Kota Pagar Alam
  • 0731 — Lahat (Kabupaten Lahat)
  • 0733 — Kota Lubuklinggau — Pendopo (Kabupaten Lahat)
  • 0734 — Muara Enim (Kabupaten Muara Enim)
  • 0735 — Baturaja (Kabupaten Ogan Komering Ulu)
Kepulauan Bangka Belitung
  • 0715 — Belinyu (Kabupaten Bangka)
  • 0716 — Muntok (Kabupaten Bangka Barat)
  • 0717 — Kota Pangkal Pinang — Sungailiat (Kabupaten Bangka)
  • 0718 — Koba (Kabupaten Bangka Tengah) — Toboali (Kabupaten Bangka Selatan)
  • 0719 — Manggar (Kabupaten Belitung Timur) — Tanjung Pandan (Kabupaten Belitung)
Bengkulu
  • 0732 — Curup (Kabupaten Rejang Lebong)
  • 0736 — Kota Bengkulu — Lais (Kabupaten Bengkulu Utara)
  • 0737 — Arga Makmur (Kabupaten Bengkulu Utara) — Mukomuko (Kabupaten Mukomuko)
  • 0738 — Muara Aman (Kabupaten Lebong)
  • 0739 — Bintuhan (Kabupaten Kaur) — Kota Manna (Kabupaten Bengkulu Selatan)
 Lampung
  • 0721 — Kota Bandar Lampung
  • 0722 — Kota Agung (Kabupaten Tanggamus)
  • 0723 — Blambangan Umpu (Kabupaten Way Kanan)
  • 0724 — Kotabumi (Kabupaten Lampung Utara)
  • 0725 — Kota Metro
  • 0726 — Menggala (Kabupaten Tulang Bawang)
  • 0727 — Kalianda (Kabupaten Lampung Selatan)
  • 0728 — Kota Liwa (Kabupaten Lampung Barat)
  • 0729 — Pringsewu (Kabupaten Pringsewu)
DKI Jakarta
  • 021 — Kepulauan Seribu — Jakarta Barat — Jakarta Pusat — Jakarta Selatan — Jakarta Timur — Jakarta Utara
 Banten
  • 021 — Tigaraksa (Kabupaten Tangerang) — Kota Tangerang — Kota Tangerang Selatan (Pamulang)
  • 0252 — Rangkasbitung (Kabupaten Lebak)
  • 0253 — Pandeglang - Labuan (Kabupaten Pandeglang)
  • 0254 — Kota Serang — Kabupaten Serang — Merak (Kota Cilegon)
  • 0257 — Cinangka, Serang (Kabupaten Serang)
Jawa Barat
  • 021 — Kota Bekasi — Cikarang (Kabupaten Bekasi) — Kota Depok — Cibinong (Kabupaten Bogor)
  • 022 — Kota Bandung — Kota Cimahi — Soreang (Kabupaten Bandung) — Lembang - Ngamprah (Kabupaten Bandung Barat)
  • 0231 — Kota Cirebon — Sumber - Losari (Kabupaten Cirebon)
  • 0232 — Kabupaten Kuningan
  • 0233 — Kadipaten (Kabupaten Majalengka)
  • 0234 — Jatibarang (Kabupaten Indramayu)
  • 0251 — Kota Bogor
  • 0260 — Pamanukan (Kabupaten Subang)
  • 0261 — Kabupaten Sumedang
  • 0262 — Kabupaten Garut
  • 0263 — Kabupaten Cianjur
  • 0264 — Kabupaten Purwakarta — Cikampek)
  • 0265 — Kota Tasikmalaya — Kadipaten - Singaparna (Kabupaten Tasikmalaya) — Kota Banjar — Ciamis - Pangandaran (Kabupaten Ciamis)
  • 0266 — Kota Sukabumi — Palabuhanratu (Kabupaten Sukabumi)
  • 0267 — Kabupaten Karawang
Jawa Tengah
  • 024 - Semarang, Ungaran
  • 0271 - Surakarta (Solo), Kartasura, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen
  • 0272 - Klaten
  • 0273 - Wonogiri
  • 0275 - Purworejo,Kutoarjo
  • 0276 - Boyolali
  • 0280 - Majenang, Sidareja (Kabupaten Cilacap bagian barat)
  • 0281 - Purwokerto, Banyumas, Purbalingga
  • 0282 - Cilacap (bagian timur)
  • 0283 - Tegal, Slawi, Brebes
  • 0284 - Pemalang
  • 0285 - Pekalongan, Batang (bagian barat)
  • 0286 - Banjarnegara, Wonosobo
  • 0287 - Kebumen, Kota Karanganyar
  • 0289 - Bumiayu (Kabupaten Brebes bagian selatan)
  • 0291 - Demak, Jepara, Kudus
  • 0292 - Purwodadi
  • 0293 - Magelang, Mungkid, Temanggung
  • 0294 - Kendal, Kaliwungu, Weleri, Batang (bagian timur)
  • 0295 - Pati, Rembang, Lasem
  • 0296 - Blora, Cepu
  • 0297 - Karimun Jawa
  • 0298 - Salatiga, Ambarawa (Kabupaten Semarang bagian tengah dan selatan)
  • 0356 - Rembang bagian Timur (wilayah yang berbatasan dengan Tuban)
  • 0023 - kijang indonesia
 Daerah Istimewa Yogyakarta
  • 0274 - Yogyakarta, Sleman, Wates, Bantul, Wonosari
 Jawa Timur
  • 031 - Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Bangkalan
  • 0321 - Mojokerto, Jombang
  • 0322 - Lamongan, Babat
  • 0323 - Sampang
  • 0324 - Pamekasan
  • 0325 - Sangkapura (Bawean)
  • 0327 - Kepulauan Kangean, Kepulauan Masalembu
  • 0328 - Sumenep
  • 0331 - Jember
  • 0332 - Bondowoso, Sukosari, Prajekan
  • 0333 - Banyuwangi, Muncar
  • 0334 - Lumajang
  • 0335 - Probolinggo, Kraksaan
  • 0336 - Ambulu, Puger (Kabupaten Jember bagian selatan)
  • 0338 - Situbondo, Besuki
  • 0341 - Malang, Kepanjen, Batu
  • 0342 - Blitar, Wlingi
  • 0343 - Pasuruan, Pandaan, Gempol
  • 0351 - Madiun, Caruban, Magetan, Ngawi
  • 0352 - Ponorogo
  • 0353 - Bojonegoro
  • 0354 - Kediri, Pare
  • 0355 - Tulungagung, Trenggalek
  • 0356 - Tuban
  • 0357 - Pacitan
  • 0358 - Nganjuk, Kertosono
 Bali
  • 0361 - Denpasar, Gianyar, Kuta, Tabanan, Tampaksiring, Ubud
  • 0362 - Singaraja
  • 0363 - Amlapura
  • 0365 - Negara, Gilimanuk
  • 0366 - Klungkung, Kintamani
  • 0368 - Baturiti,,,,,,,
 Nusa Tenggara Barat
  • 0364 - Kota Mataram
  • 0370 - Mataram, Praya
  • 0371 - Sumbawa
  • 0372 - Alas, Taliwang
  • 0373 - Dompu
  • 0374 - Bima
  • 0376 - Selong
 Nusa Tenggara Timur
  • 0380 - Kupang, Baa (Roti)
  • 0381 - Ende
  • 0382 - Maumere
  • 0383 - Larantuka
  • 0384 - Bajawa
  • 0385 - Labuhanbajo, Ruteng
  • 0386 - Kalabahi
  • 0387 - Waingapu, Waikabubak
  • 0388 - Kefamenanu, Soe
  • 0389 - Atambua
Kalimantan Barat
  • 0561 - Pontianak, Mempawah
  • 0562 - Sambas, Singkawang, Bengkayang
  • 0563 - Ngabang
  • 0564 - Sanggau
  • 0565 - Sintang
  • 0567 - Putussibau
  • 0568 - Nanga Pinoh
  • 0534 - Ketapang
 Kalimantan Tengah
  • 0513 - Kuala Kapuas, Pulang Pisau
  • 0519 - Muara Teweh
  • 0522 - Ampah (Dusun Tengah, Barito Timur)
  • 0525 - Buntok
  • 0526 - Tamiang Layang
  • 0528 - Purukcahu
  • 0531 - Sampit
  • 0532 - Pangkalan Bun, Kumai
  • 0534 - Kendawangan
  • 0536 - Palangkaraya, Kasongan
  • 0537 - Kuala Kurun
  • 0538 - Kuala Pembuang
  • 0539 - Kuala Kuayan (Mentaya Hulu, Kotawaringin Timur)
 Kalimantan Selatan
  • 0511 - Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Marabahan
  • 0512 - Pelaihari
  • 0517 - Kandangan, Barabai, Rantau, Negara
  • 0518 - Kotabaru, Batulicin
  • 0526 - Tanjung
  • 0527 - Amuntai
Kalimantan Timur
  • 0541 - Samarinda, Tenggarong
  • 0542 - Balikpapan
  • 0543 - Tanah Grogot
  • 0545 - Melak
  • 0548 - Bontang
  • 0549 - Sangatta
  • 0551 - Tarakan
  • 0552 - Tanjungselor
  • 0553 - Malinau
  • 0554 - Tanjung Redeb
  • 0556 - Nunukan
Sulawesi Utara
  • 0430 - Amurang
  • 0431 - Manado, Tomohon, Tondano
  • 0432 - Tahuna
  • 0434 - Kotamobagu
  • 0438 - Bitung
 Gorontalo
  • 0435 - Gorontalo, Limboto
  • 0443 - Marisa
 Sulawesi Tengah
  • 0450 - Parigi
  • 0451 - Palu
  • 0452 - Poso
  • 0453 - Tolitoli
  • 0457 - Donggala
  • 0458 - Tentena
  • 0461 - Luwuk
  • 0462 - Banggai
  • 0463 - Bunta
  • 0464 - Ampana
  • 0465 - Kolonedale
  • 0455 - kotaraya,moutong
Sulawesi Barat
  • 0422 - Majene
  • 0426 - Mamuju
  • 0428 - Polewali
Sulawesi Selatan
  • 0410 - Pangkep
  • 0411 - Makassar, Maros, Sungguminasa
  • 0413 - Bulukumba
  • 0414 - Bantaeng (Selayar)
  • 0417 - Malino
  • 0418 - Takalar
  • 0419 - Janeponto
  • 0420 - Enrekang
  • 0421 - Parepare, Pinrang
  • 0422 - Manene
  • 0423 - Makale, Rantepao
  • 0427 - Barru
  • 0428 - Wonomulyo
  • 0471 - Palopo
  • 0472 - Pitumpanua
  • 0473 - Masamba
  • 0474 - Malili
  • 0475 - Soroako
  • 0481 - Watampone
  • 0482 - Sinjai
  • 0484 - Watansoppeng
  • 0485 - Sengkang
Sulawesi Tenggara
  • 0401 - Kendari
  • 0402 - Baubau
  • 0403 - Raha
  • 0404 - Wanci
  • 0405 - Kolaka
  • 0408 - Unaaha
 Maluku
  • 0910 - Bandanaira
  • 0911 - Ambon
  • 0913 - Namlea
  • 0914 - Masohi
  • 0915 - Bula
  • 0916 - Tual
  • 0917 - Dobo
  • 0918 - Saumlaku
  • 0921 - Soasiu
  • 0922 - Jailolo
  • 0923 - Morotai
  • 0924 - Tobelo
  • 0927 - Labuha
  • 0929 - Sanana
  • 0931 - Saparua
Papua
  • 0901 - Timika, Tembagapura
  • 0902 - Agats (Asmat)
  • 0951 - Sorong
  • 0952 - Teminabuan
  • 0955 - Bintuni
  • 0956 - Fakfak
  • 0957 - Kaimana
  • 0966 - Sarmi
  • 0967 - Jayapura, Abepura
  • 0969 - Wamena
  • 0971 - Merauke
  • 0975 - Tanahmerah
  • 0980 - Ransiki
  • 0981 - Biak
  • 0983 - Serui
  • 0984 - Nabire
  • 0985 - Nabire
  • 0986 - Manokwari
Sumber : http://www.facebook.com/groups/dunkom?view=doc&id=10150355268510130


Sebaiknya anda perlu mengetahui tentang hardisk anda agar anda dapat lebih mengetahui apa yang akan anda lakukan pada hardisk anda.

Partition

Mempartisi harddisk artinya membagi ruang memori pada harddisk. Setiap harddisk minimal harus dipartisi satu kali, dan menyesuaikan dengan sistem operasi yang akan digunakan.. Sebuah komputer yang mengin...stal lebih dari satu sistem operaai biasanya mempunyai beberapa partisi. Keuntungan dari partisi yang lebih dari satu antara lain dapat meminimalisir keruwetan pada sistem operasi, data dapat dibuat lebih aman, penggunaan ruang hasrddisk yang efisien, memudahkan back up data dan pencarian file.

1. Partisi Primary
Partisi primary merupakan partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data. Fungsi dari partisi primary ini juga sebagai partisi yang pertama kali diakses komputer untuk booting.

2. Partisi Extended
Partisi extended juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakan nya kita harus menciptakan partisi logical terlebih dahulu.

3. Partisi Logical
Partisi logical merupakan partisi sampingan yang terdapat partisi extended. Partisi logical mampu menampung berbagai macam file data.

Sebelum kita mempartisi harddisk maka kita harus memperhatikan terlebih dahulu :

*  Jenis partisi yang akan kita pakai :
Sesuaikan partisi dengan system operasi yang akan dijalankan, karena system operasi harus berjalan sesuai dengan lingkungannya sendiri, missal :
Windows 95 = FAT 16
Windowa 97 & 98 atau 98SE = FAT16 & FAT32
Windows 2000 & XP = FAT32 & NTFS5
Linux = Ext2 atau Ext3

*  Besar kapasitas harddisk harus memenuhi syarat jenis partisi, contoh :
FAT16 = maksimal harddisk 2 GB
FAT32 = seluruh harddisk 850 MB ke atas.
NTFS = maksimal harddisk di atas 1 TeraByte

Software-sofware yang dapat digunakan untuk mempartisi harddisk yaitu sebagai berikut :

a. FDISK

Aplikasi ini sudah ada tersedia di dalam system booting Microsoft windows, tetapi sesuai dengan masing-masing system operasi bootingnya.
Keuntungan Memakai FDISK :

Tersedia Cuma-Cuma dalam CD Master windows atau dibuat di disket system booting s.o bersangkutan.

Kekurangan Memakai FDISK :
Kita hanya dapat membuat jenis partisi sesuai s.o bersangkutan.
Bila kita membuat 2 partisi dalam 1 harddisk, maka hasilnya 1 partisi primary, 1 partisi logical.

CARA PEMAKAIANNYA :
  • Masukkan disket ke floppydisk atau cd booting ke CDROM.
  • Ubah system BIOS agar dapat mem-boot terlebih dahulu ke floppydisk atau CDROM (tergantung kita memakai booting disket atau cd) :
  • External cache : Enable
  • Quick Power On Self Test : Enable
  • Boot Sequence : A,C,SCSI ? Ubah menjadi CDROM/floppydisk
  • Swa[ floppy Drive : Disable
  • Boot Up Floppy Seek : Enable
  • Setelah booting, pilih menu yang mendukung CDROM atau enter langsung :
 Setelah masuk ke system dos, lalu ketik FDISK kemudian tekan enter :
  • Pilih (Y) untuk FAT32 dan (N) untuk FAT16 :
  • Pilih no (1) Create DOS partition….. untuk membuat partisi baru, kamudian tekan enter :
  • Kemudian pilih no (1) Create Primary DOS….. untuk membuat partisi utama (primary) :
  • Setelah itu plih ya (Y) untuk membuat partisi atau pilih tidak pilih (N) bila ingin membuat partisi lain. Kalau pilih (Y) maka selesai, tekan ESC untuk keluar dari disk dan lakukan langkah selanjutna.
  • Setelah membuat partisi selesai, restart kembali komputer kita.
  • Setelah masuk kembali ke dos system, lakukan format harddisk dengan mengetik format diikuti drive yang mau diformat :
  • Setelah selesai, restart kembali.
  • Harddisk siap untuk diinstalasi Sistem Operasi.

b. RANISH PARTITION MANAGER.

Aplikasi khusus partisi buatan Ranish.
Keuntungan memakai ranish partition manager yaitu :
- Mudah dipakai
- Dapat membuat berbagai jenis partisi (FAT16, FAT32, NTFS, BEOS, LINUX, dll).
- Dapat membuat 2 buah (lebih) partisi primary.
- Dapat membuat lebih dari 2 partisi dalam 1 harddisk.

CARA PEMAKAIANNYA :
 Masukkan disket ke floppydisk atau cd booting ke CDROM.
  • Ubah system BIOS agar dapat mem-boot terlebih dahulu ke floppydisk atau CDROM (tergantung kita memakai booting disket atau cd) :
  • External cache : Enable
  • Quick Power On Self Test : Enable
  • Boot Sequence : A,C,SCSI ? Ubah menjadi CDROM/floppydisk
  • Swa[ floppy Drive : Disable
  • Boot Up Floppy Seek : Enable
 Setelah booting, pilih menu yang mendukung CDROM atau enter langsung :

Setelah di system dos, pindah ke drive CDROM, kemudian masuk ke folder dimana Ranish Partition Manager berada, selah itu ketik part kemudian tekan enter.

Menu Ranish Partition Manager :
  • Untuk memulai membuat partisi baru, pilih bagian yang tertulis unesed pada urutan pertama, kemudian tekan enter.
  • Kemudian pilih jenis yang akan dipakai, dan tentukan berapa besar partisi akan dibuat (kalau mau membuat 2 partisi), atau langsung tekan ENTER bila ingin memakai seluruh ruang untuk 1 partisi :
  • Selanjutnya pilih save now untuk menyimpan proses yang sudah dibuat tadi :
  • Setelah itu pilih format now agar partisi yang telah dibuat tadi langsung diformat :
  • Setelah itu pilih format untuk memformat harddisk secara normal, atau quick format untuk format harddisk dengan cepat tanpa memeriksa apakah harddisk masih baik atau tidak :
  • Lakukan pembuatan partisi kembali bila tadi kita membuat lebih dari satu partisi :
  • Setelah terbentuk partisi baru dan sudah diformat, maka kira harus mengaktifkan salah satu partisi untuk dijadikan system booting (biasanya yang terbesar), apabila tidak kita aktifkan maka harddisk nanti sewaktu kita install system operasi tidak mau booting. Tekan tombol B untuk mengaktifkan partisi system booting (boot flag). Perhatikan !!! Partisi yang sudah diaktifkan ada tanda panah disampingnya :
  • Setelah selesai, tekan ESC, kemudian pilih Save MBR
 Setelah kembali ke DOS, restart kembal komputer.
Harddisk siap untuk diinstal Sistem Operasi.

c. POWERQUEST PARTITION MAGIC.

Aplikasi khusus partisi buatan PowerQuest.
Keuntungan memakai Powerquest Partition Magic yaitu :
  • Dapat membuat berbagai jenis partisi.
  • Dapat membuat 2 buah (lebih) partisi primary.
  • Dapat membuat lebih dari 2 partisi dalam 1 harddisk.
 Kekurangan memakai Powerquest Partition Magiccyaitu :
  • Kurang baik dipakai untuk pemula.
  • Karena dijalankan dari windows, maka dapat saja terjadi kerusakan partisi yang tidak kita inginkan.
d. Easus Partition Master Merupakan software untuk membuat partisi hardisk di dalam system komputer, dengan menggunakan software ini anda dapat membagi parisi pada hardisk anda bila dikomputer anda hanya terdapat satu partisi saja dan telah diinstall system tanpa harus memformat partisi sistem dan menginstall ulang OSnya lagi Untuk menggunakannya anda dapat lihat pada link ini;  http://dunovteck.wordpress.com/2009/12/11/easus-partition-master-home-edition/

e. Untuk OS windows 7 dengan Sistem ManageSaat ini pada windows 7 tidak perlu lagi menggunakan software untuk membuat partisi pada hardisk bila hardisk anda hanya 1 partisi dan telah diinstal system OS, anda dapat menggunakan fasilitas bawaan dari windows tersebut Caranya anda dapat lihat pada link ini http://www.facebook.com/home.php?sk=group_105803570129&view=doc&id=10150351945990130

Format Harddisk
Format harddisk merupakan suatu cara pemberian sistem pada harddisk agar harddisk dapat digunakan seefesien mungkin dengan mengetahui terlebih dahulu sistem operasi apa yang akan digunakan. Format harddisk dilakukan setelah kita selesai mempartisi harddisk.
Sistem yang diberikan pada harddisk kita kenal dengan istilah FAT (File Alocation Table), disinilah kunci dari seluruh pengelolaan informasi pada harddisk atau istilah lainnya File System. File sistem bertugas untuk mengalokasikan ruang data informasi dalam harddisk serta mengatur ruang-ruang yang masih kosong. File sistem juga bertanggung jawab untuk merawat nama-nama file dan direktori serta dimana file-file tersebut ditempatkan. file sistem terdiri dari 3 bagian penting,yaitu (1) boot record dan sistem operasi, (2) direktori dan (3) file-file. Setiap sistem opersai mempunyai file sistem yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis file sistem yang perlu anda ketahui.

FAT 12
Fat 12 merupakan FAT pertama kali yang digunakan dalam sistem operasi DOS pada PC IBM (1981). FAT ini menggunakan pengalokasian tabel file sebesar 12 bit, sehingga sering disebut FAT 12. Kapasitas maksimal yang terformat oleh FAT 12 adalah 4.086 Cluster, sehingga FAT ini cocok untuk harddisk berkapasitas kecil.

FAT 16
FAT 16 merupakan pengembangan dari FAT 12 yang digunakan pada sistem operasi Windows 95 versi pertama (1990). FAT ini menggunakan pengalokasian tabel file sebesar 16 bit. Kapasitas maksimal yang terformat adalah 65.526 cluster. Dan biasanya menangani harddisk kapasitas 16 MB-2.048 GB.

FAT 32
FAT 32 muncul karena FAT 12 dan 16 tidak mampu lagi mengelola harddisk berkapasitas besar. FAT ini mendukung sistem operasi windows 95C dan seterusnya. FAT ini menggunakan 28 bit cluster sedangkan 4 bitnya digumakan untuk cadangan/reserved.

NTFS ( New Technology File System)
NTFS umumnya digunakan pada sistem operasi windows NT dan keturunannya. Dibandingkan dengan sistem FAT, NTFS jauh lebih efektif dan aman dalam pengelolaan file, karena file-file NTFS dapat dienskripsi.

HPFS (High Performance File System)
HPFS digunakan pada sistem operasi OS/2 (buatan IBM). HPFS mampu membaca data lebih cepat dibandingkan sistem FAT.

VFAT
VFAT dan FAT berbeda, perbedaannya adalah kemampuan dalam mendukung penamaan file yang panjang, perbaikan performansi sistem operasi, dan kemampuan manajemen data yang baik.
Untuk menyesuaikan penggunaan file sistem dan sistem operasi dapat anda lihat pada tabel berikut ini :
File System Sistem Operasi
FAT 12 DOS versi 1.X dan 2.X
FAT 12 dan FAT 16 DOS versi 3.X-6.X dan Windows 3.X
FAT 12, 16 dan VFAT DOS versi 7 dan Windows 95A
FAT 12, 16, 32 VFAT DOS versi 7.1 dan Windows 95B/C
FAT 32 Windows 95B/C, Win98, ME, 2000 dan XP
NTFS Windows NT, 2000, 2003, dan XP
HPFS OS/2, Windows NT versi lama

Selanjutnya nanti kita akan bahas tentang Bad Sector, apa itu Bad sector pada hardisk, mengapa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Sumber : http://www.facebook.com/?ref=home#!/groups/dunkom?view=docs


Penggemar film atau bukan, hampir semua orang mengenali judul film-film box office, seperti Iron Man. Transformer, Terminator Salvation dan Star Trek. Tapi tahukah Anda bahwa salah satu yang ikut "bertanggung jawab" atas kecanggihan special effects film-film tersebut adalah seorang anak muda asli Indonesia? Dialah Andre Surya.
Nama Andre muncul di ...kredit film Iron Man, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers: Revenge of the Fallen, dan Iron Man 2, sebagai Digital Artist. Dia juga terlibat dalam pengerjaan film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Surrogates, dan Transformers: Revenge of the Fallen.
Pria kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1984 ini adalah satu-satunya digital artist asal Indonesia di divisi Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore. Lucasfilm sendiri adalah salah satu production company tersukses di dunia, yang didirikan tahun 1971 oleh George Lucas, sutradara Star Wars.

Digital artist mengerjakan banyak hal, seperti modelling, layout, lighting, dan compositing. Modelling adalah proses pembuatan model, seperti mobil, robot, dan sebagainya. Layout adalah proses matching camera CG (computer graphics) dengan background aslinya. Lighting adalah proses kreatif agar 3D yang di-produce agar terlihat menarik dan menyatu dengan background aslinya dalam scope posisi cahaya. Sedangkan compositing adalah proses penyatuan semua elemen yang ada.

Di dalam sebuah film, rata-rata ada lebih dari 70 orang digital artist, terutama bila film itu skala besar, seperti Iron Man 2. Andre bekerja dalam tim yang masing-masing punya skill dan role sendiri.

Andre lahir dan dibesarkan di Jakarta. Ia hobi main bola dan punya ketertarikan di bidang 3D.
Ketertarikannya dengan 3D membawanya kuliah di Universitas Tarumanegara (Untar), mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Andre dapat kesempatan untuk kerja di Polaris 3D, sebuah perusahaan advertising and architectural visualization di Jakarta.

Andre memutuskan untuk terus bekerja dan tidak melanjutkan studinya di Untar. Dia kuliah di Untar hanya satu tahun, terus melanjutkan ke Kanada untuk mengambil diploma di bidang Film and Special Effects di Vanarts, sebuah sekolah film di Vancouver. Sebagian besar pengetahuan dan keterampilan 3D-nya justru dipelajarinya sendiri tanpa training dan sekolah. Andre sudah mulai mempelajari computer graphic sejak kelas 1 SMA.

Andre tertarik bidang 3D karena hobi. Ia suka banget mengerjakan 3D dan memang ingin bekerja di industri film. Buat Andre ini adalah pekerjaan impiannya. Sewaktu masih kuliah, terkadang ia mengkhayal bagaimana rasanya mengerjakan visual effects untuk sebuah film besar dan melihat nama kita muncul di credit title film itu. Sekarang semuanya sudah benar-benar terwujud. Baginya, it's simply a dream come true!

Ceritanya sampai bekerja di Lucasfilm cukup panjang dan tidak mudah. Sejak wawancara pertama sampai akhirnya diterima kerja di Lucasfilm itu membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Awalnya Andre wawancara di Ottawa, Kanada, lalu wawancara lewat telepon oleh Lucasfilm Singapore, lalu ada wawancara kedua, dan baru setelah itu ia dikabari kalau ia diterima.
Andre melamar di Lucasfilm US setelah lulus sekolah. Namun, dikarenakan visa kerja US cukup sulit dan mereka membuka studio di Singapore maka ia ditransfer ke sana. Ada beberapa orang Indonesia yang kerja di Lucasfilm Singapore, terutama di bidang IT, games, dan TV series, tapi di bidang Visual effects untuk feature film (ILM), artistnya sekarang ini hanya Andre satu-satunya yang orang Indonesia.

Andre paling suka lighting, dan merasa bahwa itulah keterampilan terbaik miliknya. Proyek feature film pertamanya adalah Iron Man. Film itu juga yang dianggap sebagai batu loncatannya. Di situ Andre mengerjakan bagian lighting saat Iron Man terbang pertama kali. Adapun film yang pernah dikerjakan dan paling berkesan adalah Transformers: Revenge of the Fallen, karena sebagian besar tugasnya di proyek itu adalah mengerjakan lighting. Film favoritnya saat ini adalah Avatar. Menurutnya, secara teknologi, film itu paling oke. Suatu hari nanti ia ingin bisa terlibat dalam proyeknya James Cameron.


Andre beberapa kali memenangkan penghargaan, baik lokal maupun internasional. Contohnya, gambarnya yang berjudul Somewhere in the Sky pernah ditampilkan di CGOVERDRIVE, konferensi Computer Graphic terbesar di Asia. Gambar itu juga memenangkan Excellence Award di buku Elemental 2 terbitan Ballistic Publishing dan Best Artwork Awards di Indocg Showoff Book, sebuah buku kumpulan CG art Indonesia. Gambarnya yang berjudul City of Enhasa juga memenangkan juara satu di Future World Contest di www.3dkingdom.org


Ketika ditanya tentang kemungkinan pembuat film Indonesia membuat film 3D dengan kualitas baik ia menjawab dengan yakin: bisa. Andre kenal beberapa orang Indonesia yang sangat berbakat dan memiliki keterampilan atau skill yang bertaraf international. Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan besar di bidang 3D di luar negeri. Kalau saja mereka semua balik ke Indonesia dan membuka satu perusahaan dengan kualitas standard international, dengan bakat dan skill yang mereka punya, ia merasa sangat memungkinkan bila Indonesia menghasilkan film-film dengan kualitas standar international.


Langkah demi Langkah untuk Memperbaiki Task Manager yang dinon aktifkan

Banyak kali saat bekerja pada komputer yang telah terinfeksi virus, trojan, atau bagian dari spyware ada masalah dengan Task Manager maupun regedit yang dinonaktifkan. Pencipta Malware ingin menonaktifkan Task Manager atau reg edtit sehingga membuat fasilitas untuk memecahkan masalah dan menghilangkan masalah menjadi sulit dilakukan.

Bila komputer kita terkena serangan virus Win 32, biasanya mengganggu system contohnya fungsi task manager, regedit dll tidak dapat di aktifkan, lama-kelamaan system melambat dan terjadi system hang, atau komputer tidak bekerja.

Jika ini terjadi seperti diatas terhadap komputer anda, Anda biasanya harus mengedit registri Windows untuk memperbaiki masalah. Sebuah pembatasan telah ditempatkan pada user untuk tidak mengizinkan mereka untuk menjalankan Task Manager

Tercantum di bawah ini Anda akan menemukan banyak cara untuk mengaktifkan kembali Task Manager bersama dengan metode otomatis.

Untuk membuka Task Manager, Anda biasanya akan melakukan salah satu dari berikut:

1. Dengen menekan Ctrl+Al+Del pada keyboard
2. Dengan menekan CTRL-SHIFT-ESC pada keyboard
3. Mengklik kanan mouse pada daerah kosong taskbar Desktop dan memilih menu Task Manager
4. Mengklik Start, Run dan menuslis TASKMGR pada kotak run kemudian menekan Enter

Bila Task Manager Anda tidak terbuka tetapi anda melihat tampilan layar seperti gambar dibawah, bila anda mengalami kasus ini, Anda harus mengikuti metode di bawah ini untuk mengaktifkan kembali akses ke Task Manager.

A. Gunakan Antivirus untuk membasmi virus Win32 antara lain :
  1. Bitdefender  http://www.bitdefender.com/site/Downloads/browseFreeRemovalTool/
  2. Win32 Blaster Symantec http://www.symantec.com/security_response/writeup.jsp?docid=2003-081119-5051-99
  3. AVG Free Virus Removall http://free.avg.com/us-en/virus-removal
  4. Gucup Ativirus 3.3.9 Free http://www.softpedia.com/get/Antivirus/GAV.shtml
  5. Sality Virus Removal http://www.filecluster.com/Antivirus-Spyware/Antivirus/Download-Win32-Sality-Remover.html
 Setelah anda selesai menscan dan membersihkan virus dari komputer anda dengan antivirus tersebut, tidak serta merta akan mengaktifkan kembali fungsi task manager atau regedit. Anda harus melakukan pengaktifan fungsi secara Manual.

B. Mengaktifkan Fungsi Task Manager

Metode 1 - Menggunakan Group Policy Editor dalam Windows XP Professional

1. Klik Start, Run, ketik gpedit.msc dan klik OK.
2. Di bawah Konfigurasi Pengguna, Klik pada tambah (+) di sebelah Administrative Templates
3. Klik pada tambah (+) System berikutnya, kemudian klik Ctrl+Alt+Delete Options
4. Cari Remove Task Manager dalam pane kanan dan double klik di atasnya
5. Pilih opsi "Not Configured" dan klik Ok.
6. Tutup Group Policy Window

Metode 2: Mengubah Opsi Task Manager melalui perintah Run

* Klik Start, Run dan ketik perintah dibawah dan tekan Enter
REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableTaskMgr /t REG_DWORD /d 0 /f

Fungsi ini juga secara otomatis akan mengaktifkan kembali system regedti yang di nonaktifkan oleh administrator sehingga anda dapat menjalankan fungsi regedit.

Metode 3 : Ganti Task Manager melalui Registry file REG

1. Buka aplikasi Notepad
2. Copy registry dibawah ke Notepad dan simpan ke desktop Anda dengan nama taskmanager.reg

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System]
"DisableTaskMgr"=dword:00000000

3. Klik dua kali pada file taskmanager.reg untuk memasukkan informasi ke dalam registri Windows

Metode 4 :  Hapus pembatasan dalam registri secara manual

Setelah fungsi regedit bisa dijalankan lakukan langkah berikut ini

   1. Klik Start, Run, and ketik REGEDIT lalu tekan Enter
   2. Cari regystry seperti ditunjukkan di bawah

      HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

   3. Pada panel kanan, cari dan delete Nama value DisableTaskMgr
   4. Close the registry editor

Metode 5: Download dan Jalankan program FixTaskManager

1. Klik pada link berikut dan download program FixTaskManager Desktop di Website Task Manager Fix  http://www.taskmanagerfix.com/
Link Download http://www.pchell.com/downloads/TaskManagerFix.exe
2. Double-klik pada file FixTaskManager pada desktop Anda dan menjalankannya


Hacker dengan keahliannya dapat melihat & memperbaiki kelemahan perangkat lunak di komputer; biasanya kemudian di publikasikan secara terbuka di Internet agar sistem menjadi lebih baik. Sialnya, segelintir manusia berhati jahat menggunakan informasi tersebut untuk kejahatan - mereka biasanya disebut cracker. Pada dasarnya dunia hacker & cracker tidak berbeda dengan dunia seni, disini kita berbicara seni keamanan jaringan Internet.

Saya berharap ilmu keamanan jaringan di tulisan ini digunakan untuk hal-hal yang baik - jadilah Hacker bukan Cracker. Jangan sampai anda terkena karma karena menggunakan ilmu untuk merusak milik orang lain. Apalagi, pada saat ini kebutuhan akan hacker semakin bertambah di Indonesia dengan semakin banyak dotcommers yang ingin IPO di berbagai bursa saham. Nama baik & nilai sebuah dotcom bisa jatuh bahkan menjadi tidak berharga jika dotcom di bobol. Dalam kondisi ini, para hacker di harapkan bisa menjadi konsultan keamanan bagi para dotcommers tersebut - karena SDM pihak kepolisian & aparat keamanan Indonesia amat sangat lemah & menyedihkan di bidang Teknologi Informasi & Internet. Apa boleh buat cybersquad, cyberpatrol swasta barangkali perlu di budayakan untuk survival dotcommers Indonesia di Internet.

Berbagai teknik keamanan jaringan Internet dapat di peroleh secara mudah di Internet antara lain di http://www.sans.org, http://www.rootshell.com, http://www.linuxfirewall.org/, http://www.linuxdoc.org, http://www.cerias.purdue.edu/coast/firewalls/, http://www.redhat.com/mirrors/LDP/HOWTO/. Sebagian dari teknik ini berupa buku-buku yang jumlah-nya beberapa ratus halaman yang dapat di ambil secara cuma-cuma (gratis). Beberapa Frequently Asked Questions (FAQ) tentang keamanan jaringan bisa diperoleh di http://www.iss.net/vd/mail.html, http://www.v-one.com/documents/fw-faq.htm. Dan bagi para experimenter beberapa script / program yang sudah jadi dapat diperoleh antara lain di http://bastille-linux.sourceforge.net/, http://www.redhat.com/support/docs/tips/firewall/firewallservice.html.

Bagi pembaca yang ingin memperoleh ilmu tentang jaringan dapat di download secara cuma-cuma dari http://pandu.dhs.org, http://www.bogor.net/idkf/, http://louis.idaman.com/idkf. Beberapa buku berbentuk softcopy yang dapat di ambil gratis dapat di ambil dari http://pandu.dhs.org/Buku-Online/. Kita harus berterima kasih terutama kepada team Pandu yang dimotori oleh I Made Wiryana untuk ini. Pada saat ini, saya tidak terlalu tahu adanya tempat diskusi Indonesia yang aktif membahas teknik-teknik hacking ini - tetapi mungkin bisa sebagian di diskusikan di mailing list lanjut seperti kursus-linux@yahoogroups.com & linux-admin@linux.or.id yang di operasikan oleh Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) http://www.kpli.or.id.

Cara paling sederhana untuk melihat kelemahan sistem adalah dengan cara mencari informasi dari berbagai vendor misalnya di http://www.sans.org/newlook/publications/roadmap.htm#3b tentang kelemahan dari sistem yang mereka buat sendiri. Di samping, memonitoring berbagai mailing list di Internet yang berkaitan dengan keamanan jaringan seperti dalam daftar http://www.sans.org/newlook/publications/roadmap.htm#3e.

Dijelaskan oleh Front-line Information Security Team, “Techniques Adopted By ‘System Crackers’ When Attempting To Break Into Corporate or Sensitive Private Networks,” fist@ns2.co.uk http://www.ns2.co.uk. Seorang Cracker umumnya pria usia 16-25 tahun. Berdasarkan statistik pengguna Internet di Indonesia maka sebetulnya mayoritas pengguna Internet di Indonesia adalah anak-anak muda pada usia ini juga. Memang usia ini adalah usia yang sangat ideal dalam menimba ilmu baru termasuk ilmu Internet, sangat disayangkan jika kita tidak berhasil menginternetkan ke 25000 sekolah Indonesia s/d tahun 2002 - karena tumpuan hari depan bangsa Indonesia berada di tangan anak-anak muda kita ini.

Nah, para cracker muda ini umumnya melakukan cracking untuk meningkatkan kemampuan / menggunakan sumber daya di jaringan untuk kepentingan sendiri. Umumnya para cracker adalah opportunis. Melihat kelemahan sistem dengan mejalankan program scanner. Setelah memperoleh akses root, cracker akan menginstall pintu belakang (backdoor) dan menutup semua kelemahan umum yang ada.

Seperti kita tahu, umumnya berbagai perusahaan / dotcommers akan menggunakan Internet untuk (1) hosting web server mereka, (2) komunikasi e-mail dan (3) memberikan akses web / internet kepada karyawan-nya. Pemisahan jaringan Internet dan IntraNet umumnya dilakukan dengan menggunakan teknik / software Firewall dan Proxy server. Melihat kondisi penggunaan di atas, kelemahan sistem umumnya dapat di tembus misalnya dengan menembus mailserver external / luar yang digunakan untuk memudahkan akses ke mail keluar dari perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan agressive-SNMP scanner & program yang memaksa SNMP community string dapat mengubah sebuah router menjadi bridge (jembatan) yang kemudian dapat digunakan untuk batu loncatan untuk masuk ke dalam jaringan internal perusahaan (IntraNet).

Agar cracker terlindungi pada saat melakukan serangan, teknik cloacking (penyamaran) dilakukan dengan cara melompat dari mesin yang sebelumnya telah di compromised (ditaklukan) melalui program telnet atau rsh. Pada mesin perantara yang menggunakan Windows serangan dapat dilakukan dengan melompat dari program Wingate. Selain itu, melompat dapat dilakukan melalui perangkat proxy yang konfigurasinya kurang baik.

Setelah berhasil melompat dan memasuki sistem lain, cracker biasanya melakukan probing terhadap jaringan dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan dengan beberapa cara, misalnya (1) menggunakan nslookup untuk menjalankan perintah ‘ls <domain or network>’ , (2) melihat file HTML di webserver anda untuk mengidentifikasi mesin lainnya, (3) melihat berbagai dokumen di FTP server, (4) menghubungkan diri ke mail server dan menggunakan perintah ‘expn <user>’, dan (5) mem-finger user di mesin-mesin eksternal lainnya.

Langkah selanjutnya, cracker akan mengidentifikasi komponen jaringan yang dipercaya oleh system apa saja. Komponen jaringan tersebut biasanya mesin administrator dan server yang biasanya di anggap paling aman di jaringan. Start dengan check akses & eksport NFS ke berbagai direktori yang kritis seperti /usr/bin, /etc dan /home. Eksploitasi mesin melalui kelemahan Common Gateway Interface (CGI), dengan akses ke file /etc/hosts.allow.

Selanjutnya cracker harus mengidentifikasi komponen jaringan yang lemah dan bisa di taklukan. Cracker bisa mengunakan program di Linux seperti ADMhack, mscan, nmap dan banyak scanner kecil lainnya. Program seperti ‘ps’ & ‘netstat’ di buat trojan (ingat cerita kuda troya? dalam cerita klasik yunani kuno) untuk menyembunyikan proses scanning. Bagi cracker yang cukup advanced dapat mengunakan aggressive-SNMP scanning untuk men-scan peralatan dengan SNMP.

Setelah cracker berhasil mengidentifikasi komponen jaringan yang lemah dan bisa di taklukan, maka cracker akan menjalan program untuk menaklukan program daemon yang lemah di server. Program daemon adalah program di server yang biasanya berjalan di belakang layar (sebagai daemon / setan). Keberhasilan menaklukan program daemon ini akan memungkinkan seorang Cracker untuk memperoleh akses sebagai ‘root’ (administrator tertinggi di server).

Untuk menghilangkan jejak, seorang cracker biasanya melakukan operasi pembersihan ‘clean-up’ operation dengan cara membersihkan berbagai log file. Dan menambahkan program untuk masuk dari pintu belakang ‘backdooring’. Mengganti file .rhosts di /usr/bin untuk memudahkan akses ke mesin yang di taklukan melalui rsh & csh.

Selanjutnya seorang cracker dapat menggunakan mesin yang sudah ditaklukan untuk kepentingannya sendiri, misalnya mengambil informasi sensitif yang seharusnya tidak dibacanya; mengcracking mesin lain dengan melompat dari mesin yang di taklukan; memasang sniffer untuk melihat / mencatat berbagai trafik / komunikasi yang lewat; bahkan bisa mematikan sistem / jaringan dengan cara menjalankan perintah ‘rm -rf / &’. Yang terakhir akan sangat fatal akibatnya karena sistem akan hancur sama sekali, terutama jika semua software di letakan di harddisk. Proses re-install seluruh sistem harus di lakukan, akan memusingkan jika hal ini dilakukan di mesin-mesin yang menjalankan misi kritis.

Oleh karena itu semua mesin & router yang menjalankan misi kritis sebaiknya selalu di periksa keamanannya & di patch oleh software yang lebih baru. Backup menjadi penting sekali terutama pada mesin-mesin yang menjalankan misi kritis supaya terselamatkan dari ulah cracker yang men-disable sistem dengan ‘rm -rf / &’.

Bagi kita yang sehari-hari bergelut di Internet biasanya justru akan sangat menghargai keberadaan para hacker (bukan Cracker). Karena berkat para hacker-lah Internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini, bahkan terus di perbaiki untuk menjadi sistem yang lebih baik lagi. Berbagai kelemahan sistem di perbaiki karena kepandaian rekan-rekan hacker yang sering kali mengerjakan perbaikan tsb. secara sukarela karena hobby-nya. Apalagi seringkali hasil hacking-nya di sebarkan secara cuma-cuma di Internet untuk keperluan masyarakat Internet. Sebuah nilai & budaya gotong royong yang mulia justru tumbuh di dunia maya Internet yang biasanya terkesan futuristik dan jauh dari rasa sosial.

Pengembangan para hobbiest hacker ini menjadi penting sekali untuk keberlangsungan / survival dotcommers di wahana Internet Indonesia. Sebagai salah satu bentuk nyatanya,  pertengahan April 2001 di adakan hacking competition di Internet untuk membobol sebuah server yang telah di tentukan terlebih dahulu. Hacking competition tersebut di motori oleh anak-anak muda di Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Semarang yang digerakan oleh anak muda seperti Kresno Aji (masaji@telkom.net), Agus Hartanto (hartx@writeme.com) & Lekso Budi Handoko (handoko@riset.dinus.ac.id). Seperti umumnya anak-anak muda lainnya, mereka umumnya bermodal cekak - bantuan & sponsor tentunya akan sangat bermanfaat dan dinantikan oleh rekan-rekan muda ini.

Mudah-mudahan semua ini akan menambah semangat pembaca, khususnya pembaca muda, untuk bergerak di dunia hacker yang mengasyikan dan menantang. Kalau kata Captain Jean Luc Picard di Film Startrek Next Generation, “To boldly go where no one has gone before”.

Sumber : http://www.facebook.com/groups/dunkom?view=doc&id=10150368987425130

 Router adalah sarana penghubung antara Provider (Penyedia Jaringan Internet) dengan komputer kita. Dengan menggunakan Router kita dapat membagi jaringan internet ke beberapa komputer. Router menyaring (filter) lalu lintas data. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data, tetapi dengan protokol tertentu.
Router muncul untuk menangani perlunya membagi jaringan secara logikal, bukan fisikal. Sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dan satu segmen ke segmen lain. Anda mungkin bingung dengan definisi di atas, tapi agar mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) Atau jaringan publik (Internet).Router yang banyak digunakan di dunia ialah produksi Cisco dan 3Com.

Koneksi jaringan dari provider ada beberapa jenis antara lain :

1. ADSL kabel
Yaitu menggunakan kabel ADSL (Telephone) yang biasanya dipakai oleh Telkomnet Instan, Speedy yang menggunakan fasilitas kabel telepon sebagai media jaringan Internetnya atau dengan konektor RJ 11.

2. DSL Kabel
Jenis proveder Internet yang menggunakan kabel UTP sebagai penghantar jaringan internetnya dengan konektor RJ 45

Jaringan Router

Ada beberapa jenis Jaringan Reuter

1. Komputer Sebagai Router pada Jaringan ADSL

Agar komputer dapat menjadi router untuk jaringan ADSL (Menggunakan kabel Telepon sebagai saluran Internet dari Proveder) maka di komputer tersebut harus dipasang Modem card.

Peralatan yang dibutuhkan

1. Komputer lengkap
2. Modem Card
3. Hub
4. Konektor Rj 11 (Konektor Telepon)
5. Konektor Rj 45 (Konektor UTP atau LAN)

Pada jaringan ini Modem Card merupakan Network Router

2. Komputer Sebagai Router pada Jaringan ADSL

Bila jaringan Internet dari Provider menggunakan Kabel UTP dengan konektor RJ 45 maka pada komputer tersebut harus terpasang 2 buah LAN Card.

Peralatan Yang dibutuhkan

1. Komputer lengkap
2. dua buah LAN Card
3. Hub
4. Konektor Rj 45 (Konektor UTP atau LAN)

Pada jaringan ini salah satu LAN Card menjadi Router

3. Menggunakan ADSL Router

Bila provider menggunakan jaringan telepon sebagai jaringan Internet maka ADSL Router menjadi sebuah modem berikut berfungsi sebagai Router

Peralatan yang dibutuhkan
1. Komputer
2. ADSL Router (Modem Router)
3. Hub
4. Konektor Rj 11 (Konektor Telepon)
5. Konektor Rj 45 (Kunektor UTP atau LAN)

4. Menggunakan DSL Router

Bila provider menggunakan kabel UTP sebagai jaringan Internet maka diperlukan DSL Router

Peralatan yang dibutuhkan

1. Komputer
2. DSL Router
3. Hub
4. Konektor Rj 45

Setting Router

1. Menggunakan Komputer sebagai Router

a. Bila menggunakan Modem

  • Hubungkan kabel Internet dari provider ke soket Modem
  • Kemudian setting IP pada TCP/Ip nya sesuai dengan setting IP dari Provider
  • Seting Modem Network ke posisi sharing Internet atau lakukan Bridge Conection
  • Lalu Setting TCP/IP Lan Card computer dengan menggunakan IP Modem sebagai Defaut Gatway Lan Card komputer Router
  • Setting DNS Server Lan Card Komputer Router sama dengan DNS Server Modem.
  • Setting IP semua komputer yang terhubung dengan menggunakan IP Modem komputer Router menjadi Default Gatwayanya dan semua DNS Server harus sama.
b. Bila menggunakan 2 Lan Card

  • Hubungkan kabel Internet dari provider ke LAN Card Pertama
  • Setting IP pada TCP/ip LAN Card pertama sesuai dengan setting IP dari Provider.
  • Setting LAN Card pertama ke posisi sharing Internet atau lakukan Bridge Conection
  • Lalu setting IP pada TCP/IP LAN Card ke dua dengan menggunakan IP LAN Card pertama menjadi Default Gatwaynya.
  • Setting DNS Server Lan Card kedua sama dengan DNS Server LAN Card pertama.
  • Setting IP semua komputer yang terhubung dengan menggunakan IP Lan Card pertama komputer Router menjadi Default Gatwayanya dan semua DNS Server harus sama.
c. Menggunakan ADSL Router
  • Setting IP adress, Gatway, dan DNS ADSL Router sesuai dengan settingan dari Provider
  • Setting semua komputer yang terhubung dengan ADSL Router melalui Hub dengan Default Gatwaynya menggunakan IP adress ADSL Router.
d. Menggunakan DSL Router
  • Setting IP adress, Gatway, dan DNS DSL Router sesuai dengan settingan dari Provider
  • Setting semua komputer yang terhubung dengan DSL Router melalui Hub dengan Default Gatwaynya menggunakan IP adress DSL Router.
Setting IP Adress

1. Klik Kanan My Network  Places
2. Klik Properties
3. Pilih Network Modem atau LAN, kemudian klik kanan lalu klik Properties
4. Pada Tab General pilih "Internet Protocol (TCP/IP)
5. Klik Properties
6. Kemudian klik Use The following IP Adress
7. Lalu anda isi IP adressnya

Misalkan settingan IP Adress dari Provider adalah :

IP Adress        : 192.168.30.10
Sub mask         : 250.250.250.000
Default gateway  : 192.168.30.1
DNS              : 162.186.196.30

Maka
Setting IP adress untuk seluruh komputer yang terhubung dengan router tersebut harus :

IP Adress        : 192.168.30.xxx  (harus diatas 10
Sub mask         : 250.250.250.000
Default gateway  : 192.168.30.10
DNS              : 162.186.196.30

Untuk setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tidak boleh ada IP adress yang sama.

Khusus untuk yang menggunakan Komputer sebagai Router

Bridge Komputer

1. Klik Kanan My Network  Places
2. Klik Properties
3. Pilih Network Modem atau LAN, kemudian klik kanan lalu klik
4. Lanjutkan setting

Sharing Internet

1. Klik Kanan My Network  Places
2. Klik Properties
3. Pilih Network Modem atau LAN, kemudian klik kanan lalu klik Properties
4. Klik tab Advanced
5. Pada Internet Conection Sharing, centrang pilihan
6. Pada kotak pilihan Home networking conection pilih dari Network mana hendak di sharing (dari Modem atau dari Lan Card)

Khusus untuk setting Router ADSL Modem dan DSL Modem ikuti petunjuk cara mensettingnya pada buku panduannya.